Minggu, 04 Oktober 2009

Tentang Opera Mini

Wah.. dah lama nih gak posting. Banyak kegiatan soalnya (sok sibuk padahal gak ada kegiatan sama sekali..bilang aja males..hehehe...). Posting apa ya?
Mungkin tentang opera mini kali ya?
Belakangan ini saya sibuk sendiri. Kenapa? Sibuk facebookan, nge-twitt, maen games java, pokoke yang berhubungan dengan hape. Eh mank hapenya canggih ya? ah gak juga hape ku cuma Nokia type 2330 classic. Dengan fitur standar dan apa adanya, yg penting bisa buat browsing. Tentunya browsingnya pake Opera mini.
Mank mantap nih Opera, dah jatuh cinta apa ya? Soale di kompi browser andalan Opera, sekarang di hape juga ikutan Opera..wah..wah..ada apa nih dengan si Opera?


Berhubung topiknya opera mini, maka saya akan mencoba menukarkan pengalaman saya menggunakan si mini ini. Pertama kali saya bertemu dengan browser ini saya langsung bisa dengan mudah menggunakannya. Mungkin dikarenakan tampilan yang sederhana dan user friendly abizzz..Di tampilan pertamanya kita akan menemukan dua kotak, yang atas untuk mengisikan alamat web yang kita inginkan, dan yang bawah adalah kotak pencarian yang berisi Google, Dictionary.com dan juga Wikipedia.
Dibawahnya ada Penanda, ato Bookmark ya istilahnya? Ke bawah adalah Riwayat ato History lalu ada Halaman tersimpan dan terkahir adalah Sinkronisasi (nah ini yang belum pernah tak coba.)

Mengapa banyak sekali pengguna Opera mini?
1. Tampilannya yang user friendly,
2. Format java, sehingga banyak penggunanya karena sebagian besar ponsel mendukung format berbasis java,
3. Tidak boros pulsa, dikarenakan Opera mini bisa mengatur ukuran gambar yg ditampilkan,
4. Ringan dan cepat,
5. Banyak trik didalamnya...

Nah bicara soal trik opera mini, mungkin sebagian temen2 dah tahu ato bahkan telah menyingkap rahasia Opera mini. Berikut ini hanya sedikit trik dan tips yang saya tahu dan telah saya praktikan sendiri:

1. Tekan key [*] maka akan muncul kombinasi key misal anda menekan [*]+[1] maka browser akan langsung menuju situs opera mini, yupz..jadi ini mempercepat penggunaan sehingga tidak perlu repot2 menuliskan alamat web yg diinginkan.

Berikut adalah kombo dari key [*]:
a. [*]+[1] sampai [9] adalah alamat web yang tersimpan di menu Penanda ato Bookmark
b. [*]+[0] adalah Umpan ato Feed
c. [*]+[#] adalah untuk mengubah orientasi layar, dari tegak menjadi tidur ato lanscape
d. [*]+[*] adalah untuk mengubah ukuran jendela

2. Tekan key [#] maka akan muncul lagi kombinasi key diantaranya:
a. [#]+[1] menu cepat ke mengisi alamat
b. [#]+[2] menu cepat ke menu penanda ato Bookmark
c. [#]+[3] ke atas/ke bawah/ke awal teks
d. [#]+[4] Halaman awal
e. [#]+[5] Riwayat ato History
f. [#]+[6] Informasi halaman
g. [#]+[7] Tambah Penanda
h. [#]+[8] Pengaturan
i. [#]+[9] menu Cari
j. [#]+[0] Tampil ulang ato Reload
k. [#]+[#] Maju ato forward
l. [#]+[*] Cari di halaman

3. Untuk menggulung layar lebih cepat, kamu juga bisa menggunakan shortcut angka 2, 4, 6, 8, dan 5 untuk bergerak ke atas, kiri, kanan, bawah dan zoom.

4. Untuk menjaga privasi, server Opera tidak menyimpan data pribadi Anda. Jejak Anda mungkin masih ada karena data pribadi Anda tersimpan di cookie ponsel. Namun jangan kuatir. Anda dapat membersihkannya dengan cara mengakses menu Tools > Settings > Clear cookies. Sementara untuk membersihkan jejak browsing Anda, akseslah ke menu Tools > History > Clear.

5. Anda ingin lebih menghemat bandwith untuk meringankan biaya. bisa masuk ke menu Menu > Tools > Settings, lalu hilangkan tanda cek di depan opsi Load images. Sebaliknya, jika ingin menampilkan gambar dengan kualitas tinggi, Anda bisa mengubah setting Image Quality menjadi High.

6. Khusus bagi Anda yang menggunakan ponsel beresolusi layar rendah, berikan tanda cek di depan opsi Full screen mode. Dengan begini berbagai asesoris dan taskbar yang muncul dilayar akan disingkirkan. Tampilan layar sepenuhnya digunakan untuk menampilkan halaman web. Untuk mengurangi beban ponsel sekaligus menghemat baterai, Anda juga bisa menghilangkan efek animasi yang muncul tiap mengakses menu dengan menghilangkan tanda cek di depan opsi Visual effects.

7. Nah, agar Anda bisa mengakses halaman web secara “langsung” tanpa menampilkan overview terlebih dahulu Anda bisa mengakses menu Menu > Tools > Settings dan hilangkan tanda cek di depan opsi Show overview

Opera menawarkan tiga metode instalasi program ke ponsel. Pertama, dengan cara SMS. Untuk menggunakan cara ini, Anda harus membuka http://www.operamini.com/download/sms dan memasukkan nomor ponsel Anda di situs tersebut. Sesaat kemudian Anda akan mendapatkan link download langsung di ponsel.

Metode kedua, Anda bisa mengunjungi operamini.com langsung dari browser WAP ponsel Anda. Dari halaman yang terbuka, pilih menu Download Opera Mini. Dari sini, file instalasi Opera bisa langsung diunduh (download) ke ponsel Anda.

Cara yang terakhir yaitu dengan mengunjungi alamat http://www.operamini.com/download/pc melalui browser PC. Di halaman yang terbuka, Anda dapat memilih merk dan tipe ponsel Anda, untuk diunduh ke hard disk. Agar dapat diinstalasikan ke ponsel, Anda harus memintahkan file opera-mini-advanced.jar yang telah di unduh ke ponsel. Pemindahan bisa dilakukan melalui kabel data ataupun Bluetooth. Untuk selanjutnya, Anda tinggal menjalankan file opera-mini-advanced.jar untuk memulai proses instalasi.

Dan untuk informasi saja Opera Mini telah melaunching Opera Mini 5 versi Beta. Versi ini bisa diunduh langsung dari browser hape Anda dengan mengetikkan m.opera.com/next.
Tapi sayang hapeku gak mendukung nih Opera baru..hiks,hiks,,,

Terakhir selamat berbrowsing ria dengan Opera mini,

3 komentar:

  1. kok pada nyong juga nganggo opera mini

    BalasHapus
  2. @endar
    Wah rika kuwi kok sok tiru2..
    Hahahaha...

    BalasHapus
  3. makasih info ilmunya sop...!!
    thank bangat...!

    BalasHapus