Sabtu, 14 Februari 2009

Manfaat Sarapan

Ayo semuanya Sarapan!!:)
Mungkin kata-kata itulah yang sering kita dengar, dari sang Ibunda tercinta kita. Beliau selalu mengingatkan bahwa sarapan itu sangat penting. Selain mengirit ongkos jajan (hehehe..) ternyata sarapan mempunyai faedah yang banyak lho.
Sarapan ato bahasa londonnya Breakfast bisa dikatakan sebagai buka puasa. Lho mengapa? karena telah semalaman kita tidur (mungkin berkisar 8 Jam-an), dan tentunya perut kita tidak kita isi. Inilah yang menyebabkan pagi harinya kita merasa perut kita kosong dan terasa laper banget.:D
Namun, ternyata ada sebagian orang yang tidak memperhatikan pentingnya sarapan. Bahkan mungkin sudah menjadi kebiasaan untuk tidak sarapan. Berbagai macam alasan mereka utarakan, seperti males, tidak ada waktu n laen2nya. Yang pasti kebiasaan seperti ini yang berakibat buruk nantinya.
Mank seberapa besar sih manfaat sarapan bagi kesehatan? Berikut ini tak kutip dari situs tetangga. Beberapa manfaat sarapan antara laen:

Memberi energi untuk otak
Hanya minum teh manis atau makan beberapa potong biskuit hingga waktunya makan siang bukan merupakan sarapan. Karena Anda belum cukup mendapatkan energi untuk otak. Makanlah secara benar dengan energi yang cukup untuk memulai hari Anda. Manfaat sarapan adalah meningkatkan kemampuan otak, menjaga tubuh tetap langsing, dan meningkatkan semangat atau suasana hati kita.

Meningkatkan asupan vitamin
Jus buah segar adalah sarapan yang paling dianjurkan karena mengandung vitamin dan mineral yang menyehatkan. Sari buah alami dapat meningkatkan kadar gula darah setelah semalaman kita tidak makan. Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan makan sereal atau roti. Menu pilihan lain bisa berupa roti dan telur, bubur, susu dan cornflakes, mi, pasta dan lain-lain.

Memperbaiki memori
Penelitian terakhir membuktikan bahwa tidur semalaman membuat otak kita kelaparan. Jika kita tidak mendapatkan glukosa yang cukup pada saat sarapan, maka fungsi otak atau memori dapat terganggu.

Memperkuat ikatan dalam keluarga
Sarapan bersama keluarga berarti mempertemukan keluarga untuk diskusi banyak hal bersama-sama. Riset menunjukkan bahwa keluarga yang duduk bersama saat sarapan akan lebih dekat secara emosi satu sama lain dibandingkan keluarga yang anggotanya masing-masing buru-buru pergi ke kantor atau ke sekolah.

Meningkatkan daya tahan terhadap stres
Sebuah penelitian pada sebuah perusahaan multinasional mengungkapkan bahwa karyawan yang melewatkan sarapan paginya ternyata lebih mudah terkena depresi. Sebaliknya, mereka yang sempat sarapan merasa lebih puas dan menunjukkan minat yang tinggi terhadap pekerjaan. Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa karyawan yang sarapan akan mendapatkan asupan lebih banyak vitamin A, D, E, zat besi, dan kalsium dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan.

Sumber:http://www.info-sehat.com/news.php?nid=371

Tidak ada komentar:

Posting Komentar