Senin, 23 Maret 2009

Anda ingin berhenti Merokok?

Anda ingin berhenti Merokok?

Ada banyak alasan orang ingin berhenti merokok. Kesulitan keuangan, kemaslahatan orang lain, dan tentu saja, karena alasan kesehatan.

Apapun alasan Anda, beberapa tips ini bisa Anda coba:

Persiapkan diri

Sebelum benar-benar berhenti merokok, Anda akan melewati beberapa persiapan. Misalnya, membuang segala benda yang berhubungan dengan rokok, seperti korek api dan asbak di rumah Anda.

Hitung untung-rugi

Ambillah selembar kertas, buat garis di tengah. Di sisi kiri, tulislah semua alasan mengapa Anda harus berhenti merokok dan di sebelah kanan alasan Anda tetap merokok.

Sekarang, lihatlah dua daftar alasan Anda berhenti merokok. Pikirkan tentang perbedaan antara apa yang penting untuk Anda sekarang, dan apa yang akan penting bagi Anda di masa mendatang.

Bantu dengan obat-obatan

Tubuh Anda mungkin akan menyesuaikan dengan kekurangan nikotin, dan Anda akan merasakan kecanduan. Anda mungkin juga mengalami masalah sulit konsentrasi, sakit kepala, peningkatan nafsu makan, lekas marah, kegelisahan dan insomnia.

Terapi penggantian nikotin dengan Zyban dapat membantu Anda mengurangi gejala fisik. Zyban adalah resep obat yang dirancang untuk membantu perokok berhenti lebih mudah tanpa obat. Berbentuk pil dan tidak berisi nikotin.

Menggunakan teknik pengalihan

Ketika Anda mencoba berhenti merokok, Anda pasti berhadapan dengan kecanduan. Ada beberapa hal yang bisa mengalihkan perhatian: kunyahlah permen karet, perbanyak minum air, isi teka-teki silang, mandi, menggambar, atau apa saja. Intinya, lakukan kegiatan yang mampu membuat Anda lupa pada rokok.
Sumber: www.suaramerdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar